Daihatsu, Suzuki, dan Nissan Lakukan “Recall” di Jepang TOKYO, KOMPAS.com

Posted: Agustus 4, 2010 in Uncategorized

TOKYO, KOMPAS.com — Jelang akhir pekan lalu, tiga pabrikan mobil di Jepang, yakni Suzuki, Nissan, dan Daihatsu, melakukan pemanggilan untuk perbaikan atau recall di negeri sendiri. Di antara ketiga merek itu, jumlah recall Suzuki adalah yang terbesar karena secara total digabung dengan produk mereka di pasar India.
Di Jepang, Suzuki Motor Corp (SMC) melakukan recall terhadap 432.366 unit karena masalah kelainan pada sistem air conditioning. Hal ini disampaikan manajemen SMC dan Menteri Transportasi Jepang, seperti dikutip Dow Jones, akhir pekan lalu.

Hasil investigasi dari Menteri Transpotasi menunjukkan bahwa bagian yang rusak menyebabkan dua unit mengalami kebakaran. Sementara itu, pihak Suzuki tidak memberikan komentar apa pun dan menyebutkan detail produknya. Hanya dikatakan, recall ini untuk dua model produksi antara 2005 dan 2009.

Selain di Jepang, Suzuki Maruti India sebelumnya sudah melakukan hal yang sama pada kendaraan kecilnya, A-Star. Jumlahnya mencapai 100.000 unit. Pemicunya, terdapat kelainan pada bagian tangki bahan bakar.

Di lain pihak, Nissan Motor Co (NMC) mengatakan bahwa pihaknya juga melakukan recall terhadap 74.415 unit, termasuk yang berada di Mazda. Jumlah tersebut meliputi 10 model, di antaranya Cube, Tiida, dan March produksi 2007 dan 2008 karena problem kabel listrik yang menyambung ke mesin.

Pabrik mobil Jepang lainnya, Daihatsu Motor Co (DMC), juga melakukan recall terhadap 4 model dengan jumlah total 60.774 unit. Dua model di antaranya adalah Atrai dan Hijet yang disinyalir memiliki gangguan pada kabel elektrik di kantong udara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s